Pemkot Samarinda Segera Realisasikan Pembangunan Lahan Parkir di Kawasan Pasar Segiri

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, mengambil langkah strategis dalam usaha mengatasi permasalahan parkir di kawasan Pasar Segiri.

KALTIMEDIA.COM, SAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, mengambil langkah strategis dalam usaha mengatasi permasalahan parkir di kawasan Pasar Segiri.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengungkapkan, Pemkot berencana melakukan pembangunan area parkir di belakang pasar induk tersebut.

“Proses persiapan pembangunan area parkir baru di belakang Pasar Segiri sedang kami lakukan dengan serius,” ucapnya pada Senin, (10/6/2024) malam.

Namun dalam prosesnya, terjadi isu terkait kepemilikan lahan di kawasan tersebut. Kendati demikian, Andi Harun menegaskan bahwa lahan yang direncanakan untuk proyek tersebut resmi milik pemerintah kota dan tidak berkaitan dengan status Hak Guna Bangunan (HGB) yang ada.

“Kami menjamin bahwa seluruh area di Pasar Segiri adalah tanah milik pemerintah kota Samarinda,” tandasnya.

Pihaknya turut menyerukan kepada pihak-pihak yang merasa memiliki hak atas tanah tersebut agar mengikuti prosedur hukum yang berlaku jika merasa berhak atas lahan tersebut.

“Bagi yang merasa berhak, silakan ajukan klaim hukum. Kami akan menangani masalah ini sesuai dengan mekanisme pengadilan,” tambahnya.

Rencana pembangunan tersebut diperuntukkan untuk menampung kendaraan roda empat dan roda dua, yang nantinya akan membentang dari bagian belakang Pasar Segiri hingga ke Gang Nibung.

“Meskipun parkir di depan pasar teratur, namun hal ini menyebabkan banyak kendaraan parkir di jalur utama karena keterbatasan ruang,” ungkapnya.

Proyek ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di kawasan Pasar Segiri, serta untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jalan dan pengunjung pasar.

“Pasar Segiri membutuhkan lebih banyak ruang parkir, dan itulah mengapa kami merencanakan area di belakang pasar untuk dijadikan lahan parkir,” jelasnya.

Dengan anggaran yang telah disiapkan, proyek tersebut direncanakan akan dimulai pada tahun ini dan di estimasikan pengerjaannya dalam dua tahap.

“Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda telah menyiapkan desain, dan kami siap untuk memulai pekerjaan konstruksi,” tutupnya.

Pemkot berharap, proyek ini dapat menjadi solusi yang efektif, tidak hanya dalam mengatasi permasalahan parkir, namun juga untuk memperbaiki tata kelola serta meningkatkan kenyamanan di kawasan Pasar Segiri. (As)

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *