Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Berau Adakan Bimtek E-Learning Madrasah.

Ilustrasi E-learning. (ist)

BERAU – Selama pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh menjadi sebuah keharusan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Belajar dari rumah (BDR) secara daring atau online menjadi pilihan yang harus dilakukan oleh guru maupun siswa.

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam meluncurkan aplikasi E-Learning Madrasah. Aplikasi tersebut sebagai sarana untuk proses pembelajaran online di masa pandemi Covid-19.

Karenanya, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Berau, yang berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau pun mulai melaksanakan bimbingan teknis pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran jarak jauh.

Diketahui dari Koordinator Humas MIN 1 Berau, Purnomo Romdhoni kepada Kaltimedia.com, Senin (10/08/2020) mengatakan kegiatan bimbingan tersebut berlangsung di Ruang Guru MIN 1 Berau, secara daring Via Zoom Metiing. Narasumber kegiatan Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan, Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur, Abdul Syahid, dan diikuti Kepala sekolah serta seluruh Guru MIN 1 Berau.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mengimplementasikan KMA 183 dan 184 yang berisi tentang subtansi kurikulum pada Madrasah, pembelajaran jarak jauh juga diharapkan menjadi sebuah model pembelajaran yang inovatif, agar tujuan kurikulum bisa tercapai,” ungkapnya.

Bimbingan teknis tersebut diharap bisa menjawab kendala dan hambatan para guru dalam proses pembelajaran, serta mendorong para guru untuk berinovasi dalam menyampaikan materi. Tambahnya pembelajaran di masa pandemi ini menitikberatkan pada pendidikan karakter Akhlaqul Karimah, sehingga penugasan dan materi yg disampaikan menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta didik sesuai dengan panduan kurikulum darurat yang diberikan oleh Kementerian agama.

“Semoga bisa diimplementasikan dalam pembelajaran online via E-Learning Madrasah sehingga kompetensi guru dan siswa Madrasah mampu bersaing dan semakin maju, seiring dengan motto ‘Madrasah Hebat Bermartabat’,” jelasnya. (rcd)

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *