Satu Jenazah Jemaah Haji Asal Sulawesi Tengah Dipulangkan

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan kembali memulangkan salah satu jemaah haji asal Kabupaten Banggai Kepualan, yakni atas nama Nawawi Malengong, berusia 67 tahun, dalam keadaan meninggal dunia.

BALIKPAPAN – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan kembali memulangkan salah satu jemaah haji asal Kabupaten Banggai Kepualan, yakni atas nama Nawawi Malengong, berusia 67 tahun, dalam keadaan meninggal dunia.

Mengingat sebelumnya kloter 8 asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) itu, telah dipulangkan ke daerahnya pada 6 Juli lalu. Di mana jemaah haji yang meninggal ini merupakan yang kedua kalinya, setelah tiba di Balikpapan, kemudian mendapatkan perawatan serius akibat penyakit bawaan.

Dalam proses pemulangan jenazah ini, Kabid Penerimaan dan Keberangkatan PPIH Embarkasi Balikpapan, Noormansyah menerangkan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah Sulteng melalui Kanwil Kemenag, dan perlu adanya keterangan dari pihak Rumah Sakit.

“Kemudian sekarang yang meninggal ini sedang proses pemulangan ke Sulteng, di Palu. Ini sedang di proses di rumah sakit, karena kan harus ada keterangan dari rumah sakit, terus koordinasinya dengan kesehatan embarkasi Balikpapan, dengan Pemprov Sulteng,” ujar Noormansyah, Minggu (07/07/2024) malam.

Rencanya pada Senin (08/07/2024) pagi besok, jenazah tersebut akan diterbangkan langsung dari Bandara Sepinggan menuju Kota Palu. Mengingat tidak ada jam penerbangan malam.

Noormansyah menjelaskan, memang sebelum berangkat ke Tanah Suci, seluruh jemaah haji melakukan cek kesehatan, begitu juga sebelum pulang dari Madinah. Bahkan tiba kembali di Embarkasi Balikpapan juga melakukan cek kesehatan lagi.

“Iya. Memang dari awal, dari Madinah di cek, di pesawat ada dokter juga, di bandara juga ada pengecekan kembali dan sampai ke embarkasi. Kalau mereka memang sakit berat kita rujuk ke rumah sakit,” katanya Noormansyah menjelaskan.

Berdasarkan informasi terbaru tersebut, kini jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Balikpapan, yang telah wafat di Tanah Suci ada 13 orang dan yang meninggal saat pulang dan tiba di Embarkasi ada 2 orang.

Sementara itu, pada Senin (08/07/2024), kloter 9 asal Sulteng, Kaltim dan Kaltara, akan pulang dari Tanah Suci dan transit dahulu ke Jakarta, kemudian menuju Bandara Sepinggan Balikpapan, pada pukul 14.00 Wita.

Selain itu di hari yang sama, kloter 10 asal Sulteng juga akan tiba di Tanah Air pada pukul 17.15 Wita. Di mana pemulangan kedua kloter ini akan dilakukan pada Selasa (09/07/2024), dengan metode penerbangan 4 trip, dari pukul 06.00 hingga 18.00 Wita. (Dy)

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *