Relawan Gabungan Inisiatif Semprot Disinfektan di TPU, Agar Peziarah Merasa Aman

Gabungan relawan Samarinda saat mrnyemprotkan cairan disenfektan di TPU Muslimin Kamis (23/4/2020). (titi)

SAMARINDA – Ditengah pandemi virus corona yang masih mewabah, masih banyak masyarakat yang tidak ikuti anjuran pemerintah mengenai aktifitas diluar rumah. Apalagi mendekati bulan suci Ramadhan, banyak masyarakat yang melakukan ziarah kubur.

Tentu hal tersebut menjadi kebiasaan yang cukup sulit dihilangkan, terutama bagi umat muslim di Indonesia. Salah satunya di tempat pemakaman umum (TPU) Muslimin di Jalan Abul Hasan, Kelurahan Pasar Pagi, Kecamatan Samarinda Kota menjadi lokasi yang paling ramai dikunjungi oleh peziarah.

Karenanya, gabungan relawan Samarinda berinisiatif untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di TPU Muslimin. Dibagi sebanyak tiga tim yang terdiri dari dua orang, mereka mulai berpencar ke berbagai titik dan menyemprot disinfektan ke batu nisan, dan benda-benda yang sering di pegang oleh peziarah.

Muhammad Risky salah satu relawan yang tergabung dalam kegiatan ini mengatakan, hal ini mereka lalukan untuk mencegah penyebaran virus corona dan membuat peziarah merasa aman.

“Karena mau menyambut bulan puasa, dan para peziarah mulai banyak berdatangan. Sehingga kita mengantisipasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” ungkapnya, Kamis (23/4/2020).

Risky juga menambahkan kegiatan penyemprotan ini rencananya akan dilakukan ke beberapa TPU lainnya yang ramai dikunjungi oleh peziarah mendekati bulan suci Ramadhan.

“Kami akan mengevaluasi terlebih dahulu dan dimana saja makam-makam yang ramai dikunjungi,” tuturnya.

Disela penyemprotan cairan disenfektan, para ziarah pun berdatangan. Salah satu peziarah, Suhaini (55) mengatakan dirinya telah rutin setahun dua kali datang ke TPU Muslim sebelum bulan puasa dan Idul Adha.

“Kesini untuk mendoakan nenek, kedua orang tua dan saudara. Insyallah rutin, kita sekeluarga membiasakan,” ujarnya.

Ditengah pandemi COVID-19 dan banyakanya para peziarah yang datang ke TPU ini, Suhaini tidak merasa khawatir. Karena ia bersama keluarga telah mematuhi himbauan pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus corona.

“Sebenarnya asal kita berpegangan dengan SOP yang sudah disosialisasikan pemerintah seperti menggunakan masker, berjaga jarak, mencuci tangan, dan pulang ke rumah langsung mandi,” tuturnya.

Suhaini juga turut mengapresiasi dengan kegiatan yang dilakukan relawan di lokasi TPU Muslimin.

“Luar biasa, saya salut ya dengan partisipasi para relawan gabungan. Selain disini mendapatkan pahala, disisi lain menunjukkan rasa kebersamaan memberantas COVID-19 ini,” tutupnya. (titi)

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *