Pemkot Samarinda Salurkan 50 Gerobak dan Tenda untuk PKL dari Kemendag RI

Wakil Walikota Samarinda, M. Barkati saat memberikan bantuan kepada PKL. (Pemkot Samarinda)

Samarinda – Penyaluran bantuan gerobak dan tenda dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) di UPT Citra Niaga berlangsung pada Kamis (5/3/2020). Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Walikota Samarinda, M Barkati kepada para PKL.

Barkati pun berpesan agar gerobak bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pedagang.

“Kita patut bersyukur karena Pemerintah Pusat bisa memberikan bantuan kepada Kota Samarinda melalui dinas terkait diantara Kapupaten/Kota yang ada di Provinsi Kaltim. Ini mungkin ada kaitannya dengan Ibu Kota Negara dan wajar, serta pantas bila kita mendapatkan perhatian. Karena Samarinda sebagai kota penyangga IKN masyarakatnya harus sejahtera. Pesan saya gerobak bantuan hendaknya bisa dipelihara, dijaga dan jangan sampai diperjual belikan pindah tangan karena menurut saya itu tidak bersyukur. Karena Pemerintah Pusat juga akan terus mengevaluasi hasil dari tahun ini semoga tahun-tahun berikutnya jumlah gerobak bantuan akan ditambah,” jelas Barkati.

Imelda, ketua panitia pemberian bantuan tersebut dalam kesempatan yang sama menambahkan bahwa tujuan dari acara tersebut untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam hal ini pedagang agar berorentasi wirausaha supaya mampu meningkatkan daya saing peningkatan pendapatan, serta produktifitas usaha. Dan hal itu erat kaitannya dengan tugas dari Dinas Perdagangan.

“Salah satu tugas Dinas Perdagangan adalah menyiapkan sarana dan prasarana, serta membina pedagang. Oleh sebab itu, Dinas Perdagangan melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memberikan bantuan kepada UKM, pasar rakyat dan pedagang keliling sebagai dukungan dari Peraturan Pemerintah,” ungkapnya.

Imelda mengatakan Kementerian Perdagangan RI memberikan bantuan berupa gerobak sebanyak 50 buah, serta 10 tenda yang dibagi kepada pasar rakyat di Kota Samarinda.

“Sedangkan 9 depot atau warung makan juga mendapatkan nomor wajip pajak atau NPWP. Perlu diketahui juga dari 197 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, untuk Provinsi Kaltim hanya Kota Samarinda yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Perdagangan RI,” serunya. (rcd)

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *