Jumlah Surat Suara Sesuai DPT Ditambah 2,5 Persen Tiap TPS

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha.

BALIKPAPAN – Pilkada serentak 9 Desember 2020 semakin dekat. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh penyelenggara yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Seperti yang dilakukan KPU Balikpapan, bahkan telah menerima 454.999 lembar surat suara yang dikirim melalui kapal laut. Namun, jumlah tersebut lebih dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, mengatakan jumlah surat suara tersebut sesuai dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) ditambah 2,5 persen dari tiap-tiap TPS.

DPT Balikpapan berjumlah 443.243 pemilih dan Noor Thoha memastikan jumlah surat suara yang datang mencukupi.

‚ÄúSebagai antisipasi, di tiap TPS surat suara ditambah sebanyak 2,5 persen, sementara di tiap TPS jika ada pecahan pembulatannya ke atas, jadi kita pastikan surat suara akan lebih,” jelasnya.

Nantinya akan dilakukan tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara. KPU Kota Balikpapan pun telah merekrut sebanyak 57 orang sebagai tenaga sortir dan pelipat suara.

Dari 57 orang, setelah dilakukan rapid test 7 orang dinyatakan reaktif, dan hanya 50 yang direkrut oleh KPU Balikpapan. Nantinya ke 50 diperkirakan satu orang tenaga sortir akan menyortir sebanyak satu kotak atau 2000 lembar setiap harinya, sehingga diperkirakan 4-5 hari kegiatan sortir bisa selesai dilakukan.

“Sebanyak 7 Orang reaktif, sehingga jumlah tenaga sortir yang akan kita gunakan hanya sebanyak 50 orang saja,” ungkapnya. (ar)

Editor: (dy)

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *